Tuesday, December 23, 2008

Ecowall, Perkuatan Lereng Dengan Geotekstil & Facing Batu


Ecowall adalah perkuatan geosintetik dengan facing batu yang bersifat permanen, praktis, ekonomis dan tahan lama sebagai alternatif dari beton konvensional atau struktur blok modular yang mudah dibangun dari material yang sudah tersedia.

Ecowall tersusun dari lapisan, batuan kering, ditahan jaring kawat galvanis, dan diperkuat dengan geosintetik dari TenCate. Ukuran bentuk dapat disesuaikan dengan kebutuhan arsitektur. Ecowall sesuai untuk struktur sampai dengan kemiringan 85°. Hasilnya adalah estetis, bebas perawatan, stabil, struktur curam dengan kapasitas menahan daya beban yang tinggi.

Ecowall menggunakan jaring dengan pengait baja dimana bersama-sama bergabung untuk membentuk unit permukaan yang saling mengunci. Lapisan dari batu atau kerikil sebagai material pengisi digunakan secara langsung dibelakangnya didepan jaring. Beban dipindahkan ke geosintetik penguat melalui gesekan diantaranya dan jaring baja. Perkuatan Polyfelt PEC dapat digunakan apabila tanah dibelakangnya mengandung butiran halus dengan prosentase yang tinggi. Miragrid GX grid seharusnya digunakan apabila lebih banyak butiran yang kasar. Kesluruhannya sistem kemudian menjadi urugan tanah yang memiliki kapasitas daya beban yang memadai.

Kelebihan:
+ Tahan lama
+ Stabilitas lereng yang terjamin
+ Pilihan desain yang fleksibel
+ Mudah untuk dipasang

Kekurangan:
- Perawatan
- Biaya pembangunan

Reference : www.tencate.com

No comments: