Tuesday, May 28, 2013

Abstrak Aplikasi Geosintetik Untuk Reklamasi Pantai

APLIKASI PRODUK GEOSINTETIK UNTUK PEKERJAAN
REKLAMASI PANTAI 

Andryan Suhendra1, Doyo Lujeng Dwiarso2
1 PT Tetrasa Geosinindo
1 Universitas Bina Nusantara
* andryan@geosinindo.co.id
2  TenCate Geosynthetics Asia Sdn. Bhd
* dl.dwiarso@tencate.com



ABSTRAK
Seiring dengan pertambahan jumlah penduduk yang relatif tinggi, keperluan lahan untuk tempat tinggal dan aktivitas lahan juga turut meningkat. Reklamasi pantai dan lahan berair lainnya merupakan salah satu alternatif yang cukup banyak diterapkan selain membuka lahan baru ke arah daerah perbukitan.
Namun seringkali pekerjaan reklamasi ini menemui beberapa kendala seperti tanah dasar yang lunak dengan daya dukung yang rendah dan potensi penurunan konsolidasi yang besar dan lama, gelombang laut yang tinggi yang berpotensi menyebabkan terjadi abrasi baik selama masa konstruksi maupun masa pelayanan.
Penggunaan material geosintetik sebagai salah satu alternatif material pendukung pada pekerjaan reklamasi di Indonesia masih terbatas, para pemilik proyek dan pelaksana proyek cenderung lebih menyukai menggunakan metode konvensional. Padahal penggunaan geosintetik dapat memberikan keuntungan dan kemudahan dalam pelaksanaan proyek, yang juga sudah banyak diterapkan di berbagai negara lain. Beberapa keuntungan dari penggunaan material geosintetik pada pekerjaan reklamasi pantai dengan kondisi tanah dasar yang lunak diantaranya adalah pelaksanaan pekerjaan yang lebih cepat, pengurangan kehilangan material timbunan ke dalam tanah dasar yang lunak, biaya pemeliharaan yang lebih rendah.
Makalah ini membahas mengenai produk-produk geosintetik serta aplikasinya pada pekerjaan reklamasi pantai yang dilengkapi dengan contoh proyek yang sudah dan atau sedang dikerjakan di Indonesia.


Kata kunci : reklamasi, geosintetik, tanah lunak, abrasi

No comments: